PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2012-2013 DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF
Main Authors: | Isnainar, Isnainar, Susetyo, Susetyo, Yulistio, Didi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8561/1/I%2CII%2CIII%2C2-13-isn.FI.pdf http://repository.unib.ac.id/8561/2/IV%2CV%2CLAMP%2C2-13-isn.FI.pdf http://repository.unib.ac.id/8561/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan apakah dengan menggunakan pendekatan komunikatif melalui metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbicara dengan menggunakan pendekatan komunikatif melalui metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari hasil pembelajaran pada siklus I dengan nilai rata-rata siswa sebesar 73,5 (katagori baik) tetapi masih belum mencapai indikator keberhasilan minimal secara individu sebesar 7,5 dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata skor 82,5 (katagori sangat baik) atau sudah melebihi nilai minimal indikator keberhasilan 75.