MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI ANAK MELALUI TEKNIK KOLASE DENGAN MEDIA SERUTAN PENSIL PADA ANAK PAUD TUNAS BANGSA KELOMPOK B DESA MERAMBUNG KECAMATAN ULU MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN
Main Authors: | Sari , Desi Ritna , Suratman, Asep, Yulidesni, Yulidesni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8553/1/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-des-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8553/2/I%2CII%2CIII%2CI-14-des-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8553/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya minat anak dalam meningkatkan kreativitas seni dengan cara teknik kolase. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui teknik kolase dengan media serutan pensil dapat meningkatkan kreativitas seni anak. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan dengan tahap sebagai berikut: a) perencanaan, b) pelaksanaan, c) observasi dan evalusi, d) refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 13 orang anak kelompok B Paud Tunas Bangsa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan observasi, dokumentasi, dan fortopolio. Hasil penelitian menunjukan melalui teknik kolase media serutan pensil terbukti dapat meningkatkan kreativitas seni anak yang dapat dilihat dari hasil peningkatan dari terjadi peningkatan pada kreteria baik dari siklus pertama ke siklus dua, pada aspek anak mampu menempel gambar lebih dari satu atau dapat menempel 2 dan 3 gambar terjadi peningkatan (61,1%), Anak mampu menciptakan hasil karyanya dengan mengkombinasikan sampai 3 warna sesuai gambar terjadi peningkatan (39%), dan aspek anak mampu menyelesaikan lebih dari satu gambar sampai selesai tanpa bantuan guru terjadi peningkatan (46,2%).Kemudian guru disarankan dalam meningkatkan kreativitas seni anak banyak cara yang dapat dilakukan dengan menggunakan cara kreativitas yang lain.