PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER ANAK PADA PAUD LUBUK PUDING KECAMATAN PINO
Main Authors: | Miarni, Miarni, Lusa , Herman, Purwadi, Agus Joko |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8529/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-mia-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8529/2/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-mia-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8529/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian secara umum adalah untuk meningkatkan karakter anak melalui penerapan metode bercerita di Kelompok Bermain Lubuk Puding Kecamatan Pino.Tujuan khusus penelitian adalah Untuk meningkatkan nilai karakter menghormati dan sopan santun pada anak.Untuk meningkatkan nilai karakter rasa percaya diri pada anak. Untuk meningkatkan nilai karakter bertanggung jawab pada anak. Metode penelitian adalah menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam 2 siklus.Subjek penelitian adalah anak kelompok bermain PAUD Lubuk Puding berjumlah 15 orang.Alat pengumpulan data yaitu dengan menggunakan lembar observasi kegiatan anak dan guru. Teknik analisa data yaitu teknik statistik deskriptif, dengan persentase dan rata-rata kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Nilai karakter menghormati dan sopan santun dapat meningkatkan melalui metode bercerita, ini dibuktikan dengan adanya peningkatan karakter anak siklus I dengan katagori nilai baik baru mencapai 48%, pada siklus II sudah mencapai 82,7%. Nilai karakter percaya diri dapat meningkatkan melalui metode bercerita, ini dibuktikan peningkatan karakter anak pada siklus I dengan katagori nilai baik baru mencapai 44%, pada siklus II sudah mencapai 84%. Nilai karakter tanggung jawab dapat meningkatkan melalui metode bercerita, ini dibuktikan peningkatan karakter anak pada siklus I dengan katagori nilai baik baru mencapai 44%, pada siklus II sudah mencapai 81,3%, Kesimpulannya adalah Penerapan Metode bercerita dapat meningkatkan karakter anak pada PAUD Lubuk Puding Kecamatan Pino.