MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI LATIHAN MENGGUNTING KERTAS DI KELOMPOK B PAUD KAMBOJA DESA TANJUNG MENANG KECAMATAN SEGINIM KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Main Authors: Sahara, Mini , Suhartono, Suhartono, Muctar , Sazili
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8527/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-min-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8527/2/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-min-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8527/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu: untuk mengetahui apakah melalui latihan menggunting kertas dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di Kelompok B PAUD Kamboja Desa Tanjung Menang Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan. Subjek penelitian adalah anak Paud Kamboja yang berjumlah 15 anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan 2 siklus. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Pada siklus 1 keberhasilannya menunjukan aspek kebenaran anak dalam latihan menggunting kertas mendapat rata-rata 57,3%, aspek kemampuan anak dalam latihan menggunting kertas mendapat rata-rata 64% Kecepatan anak dalam latihan menggunting kertas dengan rapi mendapat rata-rata 62,6%.. Pada siklus 2 keberhasilannya menunjukan aspek aspek kebenaran anak dalam latihan menggunting kertas mendapat nilai rata-rata 90,6%, aspek kemampuan anak dalam latihan menggunting kertas mendapat nilai rata-rata 88%, dan kecepatan anak dalam latihan menggunting kertas dengan rapi mendapat nilai rata-rata 89,3%. Sehingga dapat disimpulkan melalui menggunting kertas dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak, dari hasil peningkatan dari siklus 1 kesiklus ke 2.