MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK KELOMPOK A PAUD QURATUL UYUN PASAR MANNA BENGKULU SELATAN

Main Authors: Amelia , Sela , Suratman, Asep, Yulidesni, Yulidesni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8510/1/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-sel-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8510/2/I%2CII%2CIII%2CI-14-sel-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8510/
Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian tindakan kelas ini adalah: Apakah melalui permaian balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok A PAUD Quratul Uyun Pasar Manna Bengkulu Selatan. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu: untuk mengetahui kemampuan kognitif anak kelompok A PAUD Quratul Uyun Pasar Manna Bengkulu Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan, dimana masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A yang berjumlah 12 orang, terdiri atas 5 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Pada siklus l keberhasilan menunjukkan terdapat 7 orang (58,33%) dari 12 anak sudah bisa mengurutkan balok dari yang besar ke kecil, 8 orang (66,67%) dari 12 anak sudah bisa mengelompokkan balok sesuai dengan bentuk dan 7 orang (58,33%) dari 12 anak sudah bisa menyusun balok sesuai dengan gambar. Pada siklus ll keberhasilan menunjukkan terdapat 10 orang (83,33%) dari 12 anak sudah bisa mengurutkan balok dari yang besar ke kecil, 11 orang (91,67%) dari 12 anak sudah bisa mengelompokkan balok sesuai dengan bentuk dan 11 orang (91,67%) dari 12 anak sudah bisa menyusun balok sesuai dengan gambar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui permainan balok dapat meningkatkan kognitif anak kelompok A PAUD Quratul Uyun Pasar Manna Bengkulu Selatan. Disarankan kepada guru bahwa permainan balok dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran.