MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DENGAN MEMASANGKAN BENDA BERWARNA SESUAI PASANGANNYA DI KELOMPOK B PAUD PURI RAFFLESIA DESA BABATAN ILIR KECAMATAN SEGINIM KABUPATEN BENGKULU SELATAN
Main Authors: | Pusti, Tita , Suhartono, Suhartono, Muctar , Sazili |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8498/1/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-tit-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8498/2/I%2CII%2CIII%2CI-14-tit-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8498/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu: untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Subjek penelitian adalah anak PAUD Puri Raflesia yang berjumlah 12 anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus. Alat pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Pada siklus 1 keberhasilannya menunjukan aspek kebenaran anak dalam memasangkan benda berwarna berdasarkan warnanya mencapai nilai rata- rata (71,6%). Aspek keseriusan anak dalam memasangkan benda berwarna berdasarkan warnanya mencapai nlai rata-rata (68,3%). Aspek kecepatan anak dalam memasangkan benda bewarna berdasarkan jumlahnya mencapai nilai rata- rata (70%). Pada siklus 2 keberhasilannya menunjukan aspek kebenaran anak dalam memasangkan benda berwarna berdasarkan warnanya mencapai nilai rata- rata (96,6%). Aspek keseriusan anak dalam memasangkan benda berwarna berdasarkan warnanya mencapai nilai rata-rata (95%). Aspek kecepatan anak dalam memasangkan benda bewarna berdasarkan jumlahnya mencapai nilai rata-rata (96,6%). Dapat disimpulkan ternyata melalui latihan memasangkan benda berwarna sesuai pasangannya dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak hal ini terbukti dari hasil peningkatan Siklus 1 ke Siklus 2.