MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL (CONGKLAK)

Main Authors: Haryanti , Vera , Wembrayarli, Wembrayarli, Hadiwinarto, Hadiwinarto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8495/1/I%2CII%2CIII%2CI-14-ver-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8495/2/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-ver-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8495/
Daftar Isi:
  • Tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas ini (PTK) adalah untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak melalui permainan tradisional (congklak). Subjek penelitian ini yaitu bidang pengembangan kemampuan kognitif anak dengan melalui permaianan tradisional (congklak). Adapun kelas yang akan digunakan adalah kelompok B Paud Budi Mulya di kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan yang berjumlah 15 orang anak terdiri dari 9 anak laki–laki dan 6 anak perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini di lakukan melalui tindakan observasi, dan dokumentasi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus satu kali pertemuan.hasil penelitian membuktikan bahwa dengan bermaian tradisional (congklak) dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak, yang dibuktikan dengan melihat hasil perhitungan disetiap aspek pengamatan mengalami peningkatkan disetiap siklus. Untuk hasil perkembangan kognitif pada tahap bermain siklus I menunjukan 65% sedangkan siklus ke II meningkat 75%. Dalam permainan tradisional (congklak) untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak, seorang guru direkomendasikan untuk mempersiapkan hal–hal yang mendukung terlaksanannya permainan tersebut seperti permainan yang menarik sesuai dengan kebutuhan anak.