PENINGKATAN KESADARAN EMPATI PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE MENDONGENG DENGAN MEDIA VISUAL DI PAUD LUBUK PUDING KECAMATAN PINO BENGKULU SELATAN
Main Authors: | Putriana, Wiki , Delrefi, Delrefi, Dharmayana, I Wayan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8492/1/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-wik-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8492/2/I%2CII%2CIII%2CI-14-wik-FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8492/ |
Daftar Isi:
- Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah metode mendongeng dapat meningkatkan kesadaran empati pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kesadaran empati pada anak usia dini adalah melalui metode mendongeng dengan media visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok B. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian pada siswa PAUD lubuk puding kecamatan pino bengkulu selatan. Jumlah siswa15 orang anak yang terdiri 9 anak laki- laki dan 6 orang anak perempuan. Data dikumpulkan dengan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kesadaran empati pada anak usia dini melalui metode mendongeng dengan media visual. Hasil penelitian menunjukan bahwa Anak peduli dengan kesuasanaan orang lain sikap perilakunya baik pada siklus l baru mrncapai 30.70% pada siklis kedua sudah mencapai 92,30%. anak mau menolong teman anak yang baik pada siklus l baru mencapai 30,76% pada siklus ll sudah mencapai 92,30%. anak mau berbagi dengan teman anak yang baik pada siklus l baru mencapai 23,07% pada siklus ll sudah mencapai 92,30% anak mau memberi dan menerima maaf, anak yang baik siklus l baru mencapai 15,38% pada siklus ll sudah mencapai 84,61%. Kesimpulan ; penelitian dengan menggunakan penerapan peningkatan kesadaran empati pada anak usia dini melalui metode mendongeng dengan media visual dapat meningkatkan prestasi belajar anak.