UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR MELALUI BENDA NYATA DI KELOMPOK B TK ALQUR’ANIYAH KOTA MANNA BENGKULU SELATAN

Main Authors: Harlinda, Zetmi , Lusa , Herman, Purwadi, Agus Joko
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8479/1/IV%2CV%2CLAMP%2CI-14-zet-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8479/2/I%2CII%2CIII%2CI-14-zet-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8479/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah pendekatan benda nyata dapat meningkatkan kreativitas menggambar anak pada Kelompok B TK Al-Qur’aniyah Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas, artinya peneliti atau guru dan anak melakukan pembelajaran guna memperbaiki mutu atau hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Al-Qur’aniyah Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan yang berjumlah 15 orang yang terdiri atas 7 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pendekatan benda nyata dapat meningkatkan kreativitas menggambar anak di TK Al- Qur’aniyah Kota Manna Bengkulu Selatan.Anak mampu membuat keterkaitan antara gambar dan dunia nyata pada siklus I mencapai 60% meningkat menjadi 86,66% pada siklus II.Anak mampu melakukan pekerjaan yang diaturnya sendiri pada siklus I mencapai 46,6% meningkat menjadi 93,33% pada siklus II.Anak mampu berkerjasama dengan teman pada siklus I mencapai 53,33% meningkat menjadi 86,66% pada siklus II.Anak mampu berpikir kritis dan kreatif pada siklus I mencapai 40% meningkat menjadi 86,66% pada siklus II.Anak mampumenggambar dengan baik pada siklus I mencapai 46,66% meningkat menjadi 86,66% pada siklus II.