PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS VIII D SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU (CLASSROOM ACTION RESEARCH)

Main Authors: Wiliyanti, Rici, Rohadi, Nyoman, Risdianto , Eko
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8478/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-ric.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8478/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-ric.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8478/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar dan hasil belajar siswa pada konsep cahaya di SMP Negeri 6 kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan model kooperatif tipe think pair share (tps). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII D semester genap Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk mengukur partisipasi belajar siswa, menggunakan lembar kerja siswa (lks) dan tes objektif untuk hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe think pair share (tps) dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa meningkat yaitu sebesar 15,6 dengan kategori Baik (B) menjadi 18 dengan kategori Amat Baik (A) dan meningkat sebesar 19 dengan kategori Amat Baik (A), dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar yaitu dengan nilai rata-rata kelas 78,25 menjadi 79,48 meningkat menjadi rata-rata 81,22. Daya serap sebesar 78,25 % dan menjadi 79,48 meningkat 86,95% dan ketuntasan hasil belajar sebesar 73,91 % menjadi 82,60 % semakin meningkat ketuntasan sebesar 86,95 %.