KEMAMPUAN MENULIS ANAK USIA DINI (STUDI KASUS ANAK KESULITAN BELAJAR MENULIS PADA KELOMPOK B7 DI TAMAN KANAK-KANAK TUNAS HARAPAN KOTA BENGKULU)

Main Authors: Hajani , Tri Juli , Kurnia, Nina, Ardina, Mona
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8477/1/IV%2CV%2CLAMP-I-14-tri-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8477/2/I%2CII%2CIII%2CI-14-tri-FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8477/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengungkapkan kemampuan menulis permulaan atau menulis dengan tangan ADS, kesulitan yang dihadapi ADS pada saat menulis permulaan atau menulis dengan tangan dan bentuk latihan apa yang telah diberikan guru di sekolah untuk mengembangkan kemampuan menulis permulaan atau menulis dengan tangan ADS. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan tekhnik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini tulisan yang dihasilkan ADS berupa garis-garis dan lingkaran. Kesulitan yang dialami ADS pada saat menulis permulaan atau menulis dengan tangan adalah memegang pensil dengan benar; menyalin, menebalkan, menjiplak dan melengkapi huruf, kata, kalimat, angka, gambar atau simbol; memahami perintah; mewarnai dan mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi pada saat menulis. Bentuk latihan yang telah dilakukan oleh guru untuk mengembangkan kemampuan menulis permulaan atau menulis dengan tangan ADS, seperti: memegang secara langsung tangan ADS, aktivitas menggunakan papan tulis; menjiplak; titik-titik; bantuan verbal dan kata atau kalimat.