PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KARAKTER ANAK PADA PEMBELAJARAN IPS (PENELITIAN TINDAKAN DI SD NEGERI 01 PONDOK KELAPA)

Main Authors: Sahono, Bambang, Hadiwinarto, Hadiwinarto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8474/1/I%2CII%2CIII%2C2-13-ari.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/8474/2/IV%2CV%2CLAMP%2C2-13-ari.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/8474/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS siswa, mendeskripsikan peningkatan karakter anak pada pembelajaran IPS, dan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar IPS antara anak yang belajar dengan penerapan model role playing berbantuan media powerpoint dibandingkan dengan anak yang belajar dengan pembelajaran konvensional kelas V B di SDN 01 Pondok Kelapa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian campuran (Mixed Method Research) dengan pengujian hasil belajar siswa dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji beda (t-test). Hasil belajar dan karakter siswa meningkat serta dengan penerapan model pembelajaran role playing berbantuan media powerpoint hasil belajar siswa lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran IPS. Diharapakan agar para guru dapat mencobakan dan menerapkan model role playing yang lebih bervariasi, dengan tujuan agar siswa dapat tertarik untuk mengikuti pembelajaran yang diberikan sehingga hasil belajar dan karakter siswa dapat meningkat.