IMPLEMENTASI MODEL IBL (INQUIRI BASED LEARNING) BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA (STUDI PADA SISWA KELAS X SMA N 2 BENGKULU TENGAH)
Main Authors: | Nasution, Awal Kurnia Putra , Turdja'i, Turdja'i, Medriati , Rosane |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8468/1/IV%2CV%2CLAMP%2C2-13-awa.FI.pdf http://repository.unib.ac.id/8468/2/I%2CII%2CIII%2C2-13-awa.FI.pdf http://repository.unib.ac.id/8468/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia dengan menggunakan model IBL (Inquiri- based learning) berbantuan multimedia pada materi larutan dan reaksi reduksi oksidasi. Penelitian yang dilakukan merupakan Mixed Method Research yang merupakan gabungan penelitian kaji tindak (action research) dan penelitian eksperimen (experiment research). Tahapan-tahapan dalam setiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ekperimen yang dilakukan adalah Pre-ekperimental One Group Pretes-Posttes Design. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 70,92 dengan ketuntasan klasikal sebesar 73,07%, nilai rata-rata kognitif ini mengalami kenaikan menjadi 72,07 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100% siklus II. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas dilakukan Pre-ekperimental One Group Pretes-Posttes Design. Dari hasil kelas eksperimen terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara bilai pretes dan nilai posttes setelah implementasi model IBL berbantuan multimedia.