IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA (STUDI PADA MATA PELAJARAN PKN DI SD NEGERI KECAMATAN LUNANG SILAUT KABUPATEN PESISIR SELATAN)

Main Authors: Husein, Ahmad, Alexon, Alexon, Turdjai, Turdjai
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8463/1/IV%2CV%2CLAMP%2C2-13-ahm.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/8463/2/I%2CII%2CIII%2C2-13-ahm.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/8463/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran koooperatif berbasis lingkungan untuk dalam kemandirian belajar dan hasil belajar siswa, dan efektivitas model pembelajaran kooperatif berbasis lingkungan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian campuran dengan metode exploratory sequential design. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa Kelas IV SD Negeri 02 Kumbung dan subjek penelitian kuasi adalah siswa Kelas IV SD Negeri 08 Empang Tanah. Teknik dan alat pengumpulan adalah observasi, angket dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis lingkungan dapat kemandirian belajar siswa. Kedua, penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ketiga, penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis lingkungan pada mata pelajaran PKn lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode konvensional. Kesimpulan penelitian adalah model pembelajaran kooperatif berbasis lingkungan pada mata pelajaran PKn dapat meningkikatkan kemandiran dan hasil belajar siswa dan lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.