PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING ( Guided Discovery) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMKN 1 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Yanti, Yarni Sri , Sakti, Indra, Purwanto , Andik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8420/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-yar.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8420/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-yar.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8420/ |
Daftar Isi:
- Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing ( guided discovery ) terhadap hasil Belajar fisika di SMKN 1 Kota Bengkulu. Penelitian kuasi eksperimen ini dilakukan dengan desain nonequivalent control group design yang terdiri dari dua kelas sampel yakni 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Pengukuran menggunakan pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah Chi-kuadrat untuk menguji normalitas data dan dilanjutkan dengan uji-t pada taraf signifikansi = 0,05 untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar. Hasil uji-t didapatkan nilai =10,325 dan =1,99495 , yang artinya Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing ( guided discovery) terhadap hasil belajar fisika di SMKN 1 Kota Bengkulu yakni hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika materi momentum dan impuls dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery lebih baik dari pada peserta didik yang diajar menggunakan metode konvensional . Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yaitu rata-rata siswa kelas eksperimen = 80,1 sedangkan rata- ratasiswa kelas kontrol = 65,3.