PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII.6 PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU

Main Authors: Gumay, Thia Dwi Susanti Putri , Fransiska, Connie, Putri , Desy Hanisa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8418/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-thi.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8418/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-thi.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8418/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada konsep Bunyi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII.6 yang berjumlah 22 orang. Data yang diperoleh dari tes dan lembar observasi dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 25 dalam kategori baik, siklus II sebesar 27 dalam kategori baik, dan siklus III sebesar 30 dalam kategori baik. Hasil belajar siswa dalam aspek pemahaman konsep atau tes soal dan LKS pada siklus I diperoleh daya serap siswa sebesar 74,5% dan ketuntasan belajar sebesar 54,5% (belum tuntas); meningkat pada siklus II diperoleh daya serap siswa sebesar 82,15% dan ketuntasan belajar sebesar 81,8% (tuntas), dan meningkat lagi dibandingkan siklus I dan II yaitu pada siklus III diperoleh daya serap siswa sebesar 84,6% dan ketuntasan belajar sebesar 90,9% (tuntas). Penelitian ini menyimpulkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dikelas VIII.6 SMPN 3 Kota Bengkulu pada konsep Bunyi melalui metode inkuiri terbimbing.