PENGELOLAAN PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SDIT AL-QALAM MANNA KAB. BENGKULU SELATAN)

Main Authors: Karzidin, Karzidin, Sahono, Bambang, Juarsa, Osa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8410/1/I%2CII%2CIII%2C2-13-kar.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/8410/2/IV%2CV%2CLAMP%2C2-13-kar.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/8410/
Daftar Isi:
  • Tujuan umum penelitian ini untuk mendeskripsikan atau mengambarkan Pengelolaan Pendidikan karakter di SDIT AL-Qalam Manna Bengkulu Selatan. Adapun tujuan khususnya adalah untuk mendeskripsikan: 1) Nilai nilai karakter yang ditanamkan dalam Pendidikan karakter di SDIT Al-Qalam Manna; 2) Pengintegrasian pendidikan karakter dalam kegiata di SDIT Al-Qalam Manna; 3) Metode penanaman niaikarakter di SDIT Al-Qalam Manna; 4) Penilaian Pendidikan Karakter di SDIT Al-Qalam Manna. 5) Kendala Pendidikan Karakter di SDIT Al-Qalam Manna; Metode penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan pengelolaan pendidikan karakter di SDIT Al-Qalam Manna Bengkulu Selatan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, wakil Kepala dan tiga orang guru SDIT Al-Qalam Manna, Sedangkananalisis data dilakukan dengan Deskriptf analisis, induktif dan deduktif. Hasil Penelitian Pengelolaan Pendidikan karakter di SDIT Al-Qalam Manna Bengkulu Selatan menunjukkan bahwa; Nilai-nilai karakter yang di tanamkan telah dijabarkan dalam indikator, Pengintegrasian dilakukan dalam Kegiatan belajar mengajar, budaya sekolah dan kegiatan ko dan ekstra kurikuler, Metode yang digunakan adalah dengan keteladanan dan pembiasaan, Penilaian dilakukan dengan pengamatan yang terus menrus terhadap sifat dan sikap anak, sedangkan kendala pendidikan karakter adalah tidak samanya pemahaman guru terhadap pentingnya pendidikan karakter dan perbedaan pemahaman orang tua terhadap nilai-nilai yang ditanamkan.