PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 1 DI MAN 1 KOTA BENGKULU

Main Authors: Rejeki, Vivin Sri , Rohadi, Nyoman, Risdianto , Eko
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8404/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-viv.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8404/7/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-viv.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8404/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa pada konsep fluida statis. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA1 yang berjumlah 23 orang. Data yang diperoleh dari tes dan lembar observasi dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 16 dalam kategori cukup, siklus II sebesar 18 dalam kategori baik, dan siklus III sebesar 21,6 dalam kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh daya serap siswa sebesar 76,09% dan ketuntasan belajar sebesar 60,86% (belum tuntas); pada siklus II diperoleh daya serap siswa sebesar 78,38% dan ketuntasan belajar sebesar 78,2% (tuntas), dan pada siklus III diperoleh daya serap siswa sebesar 82,96% dan ketuntasan belajar sebesar 91,3% (tuntas).