PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN IPA-BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIId SMPN 17 KOTA BENGKULU

Main Authors: Irawati , Sri , Yennita , Yennita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8397/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-arp.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8397/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-arp.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8397/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS) di kelas VIId SMPN 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap : tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas VIId SMPN l7 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes dan lembar observasi, lembar observasi untuk mengamati aktivitas guru dan siswa, sedangkan lembar tes untuk mengamati hasil belajar siswa. Hasil analisis data observasi aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata skor 25,5 dengan kriteria baik meningkat di siklus lI menjadi 29,5 dengan kriteria baik. Hasil analisis data observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh rata- rata skor 25 dengan kriteria baik meningkat di siklus II menjadi 29 dengan kriteria baik. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 73,68% ( belum tuntas) meningkat di siklus II menjadi 89,47% (tuntas). Disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif tife think pair share (TPS) pada materi ekosistem dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas Vlld SMPN 17 Kota Bengkulu.