PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR 5E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS XIIPA1 SMAN 4 KOTA BENGKULU PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA DAN HEWAN

Main Authors: Alvionita, Sonya Nur , Aryulina, Diah, Abas, Abas
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8369/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-son.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8369/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-son.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8369/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran keterampilan proses siswa kelas XIipa1 SMAN 4 Kota Bengkulu pada pembelajaran biologi model siklus belajar 5E dan memperoleh gambaran kegiatan guru dalam pembelajaran biologi model siklus belajar pada siklus I dan siklus II. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar keterampilan proses dan lembar observasi pembelajaran model siklus belajar 5E. Berdasarkan hasil penelitian yan dilakukan pembelajaran model siklus belajar 5E di kelas XIipa1 SMAN 4 Kota Bengkulu pada materi Struktur dan Fungsi Organ Pernapasan Manusia dan Hewan tergolong baik dari siklus I dengan rerata 15 ke siklus II dengan rerata 17. Kegiatan guru yang belum optimal pada siklus I telah diperbaiki pada siklus II namun masih ada kegiatan yang belum optimal di siklus II yaitu mengarahkan siswa memahami kembali landasan teori percobaan. Keterampilan proses siswa pada siklus I dengan materi Pengaruh Massa Tubuh terhadap Konsumsi Oksigen Invertebrata tergolong baik dengan rerata skor 2,34 dan meningkat pada siklus II dengan materi Pengaruh Suhu terhadap Gerakan Operkulum Ikan dengan rerata skor 2,89