HUBUNGAN SELF-EFFICACY DAN SELF-REGULATION LEARNING DENGAN KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI I KETAHUN
Main Authors: | Dharmayana, I Wayan , Syahriman, Syahriman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8343/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self- efficacy dan self-regulated learning dengan kecemasan menghadapi ujian nasional. penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ketahun, sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA N 1 Ketehun sebanyak 81 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran skala, yaitu skala self- efficacy, skala self-regulated learning dan skala kecemasan. Metode analisis data yang digunakan adalah korelasi ganda. Hasil penelitian menyatakan nilai korelasi R = 0,576 hal ini menunjukan hubungan yang cukup kuat dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti memiliki hubungan yang signifikan. Dari uji korelasi pearson produk moment antara self-efficacy dengan kecemasan didpatkan nilai korelasi sebesar -0,570 dan nilai signifikansinya 0,000 yang berarti kedua variabel ini mempunyai hubungan yang negatif dan signifikan, dan uji korelasi pearson produk moment self- regulated learning dan kecemasan diperoleh nilai korelasi sebesar -0,471 dan nilai signifikansinya sebesar 0,000 yang berarti kedua variabel ini mempunyai hubungan yang negatif dan signifikan.