PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK ICE BREAKING DALAM BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP PENGUASAAN MATERI BIMBINGAN SOSIAL PADA SISWA KELAS X IPA SMAN 2 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Novasari, Mardiana, Dharmayana, I Wayan , Sinthia , Rita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8317/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-mar.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8317/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-mar.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8317/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan teknik Ice breaking dalam bimbingan klasikal terhadap penguasaan materi bimbingan social pada siswa Kelas X IPA SMAN 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen quasi . Metode pengumpulan data menggunakan post -test berupa 30 soal pilihan ganda. Metode analisis menggunakan Independent Samples T Test . Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata hasil post -test siswa Kelas Eksperimen (Kelas X IPA B) sebesar 96,59 dan siswa Kelas Kontrol (Kelas X IPA C) dengan nilai rata-rata 75,93. Hal ini menunjukkan bahwa nilai tingkat penguasaan materi siswa Kelas Eksperimen lebih baik dibandingkan siswa Kelas Kontrol dan (2) hasil Independent Samples T Test dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat penguasaan materi bimbingan sosial menggunakan teknik Ice breaking dalam bimbingan klasikal antara siswa pada Kelas Eksperimen (Kelas IPA B) dan Kelas Kontrol (Kelas X IPA C) SMAN 2 Kota Bengkulu