HUBUNGAN BIMBINGAN ORANGTUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU

Main Authors: Anggeriani, Devi , Hadiwinarto, Hadiwinarto, Sinthia , Rita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8299/1/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-dev.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8299/2/I%2CII%2CIII%2CII-14-dev.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8299/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orang tua (X1) dan lingkungan sekolah (X2) dengan prestasi belajar siswa (Y). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 5 Kota Bengkulu. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling, dimana sampel dilakukan secara acak dengan jumlah 50 siswa. Instrumen penelitian berupa angket yang terdiri dari 40 angket bimbingan orang tua dan 80 angket lingkungan sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik korelasi dan regresi ganda dengan taraf signifikan α = 0,05 dan kemudian dilakukan uji hipotesis. Dari analisis data diperoleh hasil yaitu nilai R 0.554 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan antara bimbingan orang tua dan lingkungan sekolah dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 5 Kota Bengkulu