IMPROVING STUDENTS’ ABILITY IN WRITING HORTATORY EXPOSITION TEXT BY USING FISHBONE METHOD AT THE ELEVENTH GRADE OF CLASS IPA 3 OF SMAN 4 KOTA BENGKULU

Main Authors: Setiawan, Riki Agus, Arasuli, Arasuli, Afriazi, Rudi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8287/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-rik.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8287/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-rik.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8287/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menjelaskan bagaimana metode fishbone dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks hortatory exposition di kelas XI IPA 3, SMAN 4 Bengkulu tahun ajaran 2013/2014. Subjek dari penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 yang terdiri dari 11 laki- laki dan 23 perempuan. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis, lembar observasi siswa dan catatan lapangan, lembar observasi guru dan catatan lapangan dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari subjek penelitan yang bisa melewati nilai standard (≥70) dari 35% pada data awal menjadi 52.94% siswa pada tes di siklus 1 dan kemudian menjadi 70.58% pada siklus 2. Selanjutnya, hasil dari penelitian menunjukkan bahwa proses belajar dan mengajar di dalam kelas menjadi lebih efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan- peningkatan yang signifikan oleh siswa setelah penerapan metode fishbone dalam proses pembelajaran menulis.