USING CONTEXTUAL REDEFINITION STRATEGY TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AT GRADE VIIA OF SMP NEGERI 1 GIRI MULYA
Main Authors: | Fitriyani, Laila Nur, Arasuli, Arasuli, Yunita, Wisma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8282/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-lai.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8282/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-lai.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8282/ |
Daftar Isi:
- Desain penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah strategi redefinisi kontextual dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa dan faktor apa saja yang mempengaruhi peningkatan penguasaan kosakata siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMPN 1 Giri Mulya tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 26 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes vocabulary (kosakata), lembar observasi, dan wawancara. Data dalam penelitian ini dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil tes yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus dan analisis dari lembar observasi dan wawancara, dapat dikatakan bahwa penguasaan kosakata dan perilaku siswa selama proses belajar telah mengalami peningkatan. Siswa yang lulus dalam tes penguasaan kosakata meningkat dari 30,77% pada saat pengambilan data awal menjadi 42,30% pada akhir siklus 1 dan 65,38% pada akhir siklus 2. Faktor yang meningkatkan penguasaan kosakata siswa adalah faktor dari guru (manajemen guru dalam kelas dan penyampaian materi) dan faktor dari siswa (ketertarikan siswa, antusiasme, partisipasi, dan perhatian).