USING PEER EDITING TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING SKILL AT GRADE VIII1 OF SMP N 3 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Ayuningtyas, Dita, Kasmaini, Kasmaini, Elfrida, Elfrida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8272/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-dit.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8272/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-dit.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8272/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan apakah tehnik Peer Editing dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII1 SMP N 3 Kota Bengkulu. Subyek penelitian ini adalah 26 siswa, terdiri dari tiga (3) laki-laki and dua puluh tiga (23) perempuan. Instrument penelitian ini adalah tes menulis siswa, ceklis observasi siswa dan catatan lapangan, dan ceklis observasi guru dan catatan lapangan dan wawancara. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu rencana, tindakan, mengamati, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Tehnik Peer Editing meningkatkan keterampilan menulis siswa. Ada 85% siswa yang mencapai criteria sukses atau memperoleh nilai ≥75. 2) Tehnik peer editing meningkatkan interaksi, partisipasi, dan perhatian siswa dalam kelas menulis. Selain itu, peer editing meningkatkan kondisi kelas selama proses belajar dan mengajar.