A STUDY OF ENGLISH LANGUAGE LEARNING STRATEGIES OF SUCCESSFUL NON ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS AT UNIVERSITAS BENGKULU
Main Authors: | Permana , Dhanar Chandra , Harahap, Alamsyah, Elfrida, Elfrida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/8270/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-dha.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8270/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-dha.FK.pdf http://repository.unib.ac.id/8270/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi mana yang paling sering digunakan dan group strategi mana yang paling dominan di gunakan oleh mahasiswa bukan jurusan bahasa Inggris yang sukses di universitas Bengkulu. Penelitian ini mengunakan metode deskrtif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa (regular) yang menyelesaikan belajarnya pada periode april 2014 yang mendapatkan skor toefl 450 ke atas. Ada 32 mahasiwa yang mendapatkan toefl 450 ke atas, dan ke 32 mahasiswa di jadikan sample. Questionnaire digunakan sebagai instrument utama dalam mengumpulkan data, dan instrument wawancara sebagai pendukung isntrumen utama. Yang mana qustionaire terdiri dari 50 pernyataan dan wawancara terdiri dari 7 pertanyaan. Hasil dari penelitian menunjukan pernyataanyang ada di cognitive strategi group “saya mencoba berbicara seperti penuntur asli bahasa Inggris, dengan cara meniru dialog dalam film atau acara tv yang mengunakan bahasa Inggris” dan pernyataan yang ada di compensation group “saya memperhatikan seseorang yang berbicara dalam bahasa Inggris” adalah dua strategi yang paling sering digunakan, dengan persentase 68.75 %. Dan strategy yang paling sering digunakan oleh mahasiswa adalah compensation dan social strategi dengan nilai rata rata adalah 3.49 dan 3.47.