MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA DENGAN MENERAPKAN TEKNIK IMAGINE (KHAYALAN VISUAL) DI KELAS XII BAHASA SMAN 4 KOTA BENGKULU

Main Authors: Kurniawan, Sefta , Suhartono, Suhartono, Agustina, Emi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8242/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-sef.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8242/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-sef.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8242/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi siswa dengan menerapkan teknik imagine (khayalan visual) di kelas XII Bahasa SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah 17 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar pengamatan dan lembar hasil tes siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari lembar pengamatan, hasil tes, dan dokumentasi. Prosedur penelitian yang digunakan adalah (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 47,05% dengan nilai rata-rata 69,55. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 76,47% dengan nilai rata-rata 79,55. Berdasarkan data tersebut ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan sebesar 29,42% dan nilai rata-rata meningkat sebesar 10,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik imagine (khayalan visual) dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas XII Bahasa SMA Negeri 4 Kota Bengkulu