PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SASTRA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 20 BENGKULU SELATAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Authors: Pitriyani, Piti , Trianto, Agus, Canrhas, Amril
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8226/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-pit.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8226/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-pit.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8226/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui problematika pembelajaran sastra dari metode yang digunakan guru dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran sastra. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 20 Bengkulu Selatan tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 72 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru, lembar kuesioner, dan daftar pertanyaan wawancara kepada siswa dan guru. Data dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian bahwa problematika pembelajaran sastra dari guru dapat diamati berdasarkan metode dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran sastra, yaitu metode ceramah yang digunakan guru kurang menguasai kelas pada saat mengajar, metode tanya jawab diberikan bila tidak ada siswa yang bertanya lalu guru yang bertanya mengenai materi yang sudah dijelaskan, metode penugasan masih menjawab pertanyaan soal yang ada dalam LKS dan menugaskan untuk membuat puisi dan cerpen. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran sastra, yaitu siswa kurang memperhatikan pelajaran dan penjelasan guru, siswa kurang aktif dan sebagian siswa sibuk sendiri atau ribut dengan pekerjaannya, siswa keluar masuk kelas karena ada kelas lain yang tidak belajar, bila guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau menjawab pertanyaan siswa lebih banyak diam, pada saat guru menjelaskan materi ada siswa sibuk main HP.