PENERAPAN METODE QUANTUM CATAT TULIS SUSUN DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA SISWA KELAS VIII H SMP N 11 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Authors: Anggeraini, Lesi Gustina, Arono, Arono, Utomo, Padi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8217/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-les.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8217/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-les.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8217/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode quantum catat tulis susun dalam peningkatan kemampuan menyimak berita siswa kelas VIII H SMP N 11 Kota Bengkulu tahun ajaran 2013/2014. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP N 11 Kota Bengkulu. Tempat dan waktu penelitian dilakukan di kelas VIII H SMP N 11 Kota Bengkulu tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan teknik tes guna mengetahui nilai rata-rata, ketuntasan belajar, dan daya serap klasikal. Hasil Penelitian menunjukkan nilai rata-rata meningkat yaitu, pada siklus pertama diperoleh daya serap klasikal siswa sebanyak 70,63%, nilai rata-rata siswa 70,63, dan nilai ketuntasan belajar klasikal 53,13%. Pada siklus kedua diperoleh daya serap klasikal siswa sebanyak 86,87%, nilai rata-rata siswa 86,87, dan nilai ketuntasan belajar klasikal 87,5%. Metode quantum catat tulis susun dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, semangat belajar siswa tinggi, minat belajar baik, dan motivasi besar juga timbul pada siswa ketika mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada kemampuan menyimak beria siswa kelas VIII H SMP N 11 Kota Bengkulu tahun ajaran 2013/2014.