KAJIAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS V SDIT IQRA’ 2 KOTA BENGKULU TAHUN 2013/2014

Main Authors: Nurlaili, Hestri Dani, Yulistio, Didi , Ariesta, Ria
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8210/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-hes.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8210/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14hes.FK.pdf
http://repository.unib.ac.id/8210/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pembelajaran menulis yang digunakan oleh guru kelas V SDIT Iqra’ 2 Kota Bengkulu dan hasil proses pembelajaran menulis siswa berdasarkan strategi yang digunakan oleh guru kelas V SDIT Iqra’ 2 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu mendeskripsikan seluruh keadaan yang ada menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan strategi (1) berpusat pada peserta didik, dilihat dari penekanan komponen dalam program pengajaran, (2) berdasarkan kegiatan pengolahan pesan atau materi guru menggunakan strategi pembelajaran heuristik atau kuriorstik, (3) berdasarkan pengolahan pesan atau materi guru menggunakan strategi pembelajaran induksi, dan (4) berdasarkan cara memproses penemuan guru penggunakan strategi pembelajaran discovery (menemukan). Secara keseluruhan hasil proses pembelajaran menulis hanya terdapat satu orang siswa (3,7%) yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yaitu terdapat pada pembelajaran menulis laporan pengamatan dan menulis ringkasan isi buku.