ANALISIS DISIPLIN KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA DINAS PENDIDIKAN PROVINSI BENGKULU

Main Authors: Lismana, Evi, Anggri , Puspita Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/8122/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-evi.FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/8122/2/IV%2CV%2CLAMP%2CII-14-evi.FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/8122/
Daftar Isi:
  • Disiplin kerja memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu organisasi, hal ini dikarenakan pada tingkat disiplin kerja tinggi maka akan diperoleh kinerja pegawai yang baik. Oleh sebab itu, diharapkan dengan adanya disiplin yang tinggi akan merubah citra Pegawai Negeri Sipil yang masih melekat dengan kelambanan, kekurangmampuan dan rendahnya kualitas bila dibandingkan dengan pegawai swasta yang dinilai lebih profesional dalam pekerjaannya. Dimana diketahui disiplin adalah suatu bentuk pelatihan yang berusaha memperbaiki dan membentuk pengetahuan, sikap dan perilaku pegawai sehingga para pegawai tersebut secara sukarela berusaha bekerja kooperatif dengan para pegawai yang lain serta meningkatkan prestasi kerja Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil pada Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu. Data yang dipakai adalah data yang diperoleh dari hasil kuesioner dan wawancara kepada pegawai negeri sipil Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 71 orang pegawai dengan metode pengambilan sampel yang digunakan proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Sedangkan metode analisis menggunakan metode kualitatif dengan distribusi rata-rata. Penelitian ini menemukan bahwa : (1) Disiplin kerja pegawai dari indikator disiplin kehadiran berada pada kriteria tinggi dengan rata-rata 3,47 artinya pegawai datang kerja tepat waktu dan berada ditempat kerja sesuai jam kerja yang ditentukan, walaupun masih ada pegawai yang sering terlambat datang dan meninggalkan tempat kerja pada jam bekerja; (2) Disiplin kerja pegawai dari indikator disiplin ketaatan kepada peraturan kerja berada pada kriteria tinggi dengan rata-rata 3,68 artinya pegawai telah mampu bekerja sesuai dengan prosedur dan tepat waktu dalam menyelesaikan pekerjaannya walaupun masih ada pegawai yang tidak disiplin tetapi bukan pelanggaran yang berat seperti laporan yang terlambat, pengetikan surat yang tidak sesuai dengan aturan persuratan dan lain-lain; (3) Disiplin kerja pegawai terhadap indikator disiplin ketaatan kepada standar kerja berada pada kriteria tinggi dengan rata-rata 3,47 artinya pegawai dalam melaksanakan tugas dan fungsinya telah mentaati standar kerja yang telah ditentukan; (4) Disiplin kerja pegawai dari indikator disiplin tingkat kewaspadaan tinggi berada pada kriteria tinggi dengan rata-rata 3,45 artinya pegawai dalam melaksanakan pekerjaannya memiliki ketelitian dan selalu hati-hati dalam melaksanakan tugas dan fungsinya; (5) Disiplin kerja pegawai dari indikator disiplin bekerja etis berada pada kriteria tinggi dengan rata-rata 3,56 artinya telah tercipta hubungan baik antar pegawai dan pegawai dituntut untuk bekerja dengan jujur terkhusus dalam mengelola keuangan, sehingga setiap pegawai dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa secara umum yaitu disiplin kerja pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu dari lima indikator penelitian mendapat tanggapan responden dengan kriteri tinggi, artinya pegawai sudah disiplin dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Dari ke lima indikator tersebut indikator ketaatan kepada peraturan kerja mendapat tanggapan dari responden paling dominan, artinya pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu taat pada peraturan kerja dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Hasil wawancara secara keseluruhan menunjukkan bahwa pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu telah disiplin dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, walaupun masih ada pegawai yang kurang disiplin