PENERAPAN ALGORITMA DIRECTED ACYCLIC WORD GRAPH PADA PERMAINAN SCRABBLE BERBAHASA REJANG UNTUK SMARTPHONE ANDROID

Main Authors: Dwi Oktavian, Leni, Boko , Susilo, Rusdi, Efendi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/7786/1/SKRIPSI%20G1A009066%20I%2CII%2CIII.pdf
http://repository.unib.ac.id/7786/2/SKRIPSI%20IV%2CV%2CLAMP%201.pdf
http://repository.unib.ac.id/7786/
Daftar Isi:
  • Scrabble adalah permainan menyusun kata yang terkenal dan dimainkan oleh jutaan orang di dunia. Scrabble bermanfaat untuk belajar mengingat kosakata dalam bahasa tertentu. Terkhusus pada bahasa daerah di Indonesia, salah satunya adalah bahasa Rejang. Seiring dengan perkembangan teknologi di bidang komputer, permainan Scrabble berbahasa Rejang akan lebih menarik apabila diimplementasikan ke dalam aplikasi perangkat lunak. Smartphone berbasis Android dipilih sebagai wadah implementasi permainan Scrabble Rejang karena bersifat open source. Bahasa pemrograman Java dan IDE Eclipse dipergunakan untuk menunjang pembuatan aplikasi permainan. Representasi kamus dalam pencarian cepat dengan memori yang minim dilakukan dengan menerapkan algoritma Directed Acyclic Word Graph. Metode pengembangan sistem yang digunakan untuk membangun aplikasi ini berbentuk model waterfall. Pengujian kelayakan aplikasi menerapkan black box testing dan kuisioner kepada para pemain Scrabble Rejang. Hasil uji kelayakan meliputi kemudahan navigasi, tampilan permainan dan fungsi secara keseluruhan adalah bernilai baik. Permainan Scrabble Rejang telah berhasil diimplementasikan pada Smartphone berbasis Android tanpa adanya error.