RELEVANSI NILAI LABA DALAM MENJELASKAN NILAI PASAR PERUSAHAAN: SUATU UJI SPESIFIKASI MODEL (Studi Empiris Pada Perusahaan Nonkeuangan Yang Terdaftar Di BEI)

Main Authors: Sari, Dyas Dwi Purnama, Midiastuty, Pranata P
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/762/1/I%2CII%2CIII-1-13-diy.FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/762/2/IV%2CV%2CLAMP-1-13-diy.FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/762/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji relevansi nilai laba yang dipisahkan menjadi komponen arus kas dan akrual. Pegumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 41 perusahaan dari tahun 2007-2011. Variabel dalam penelitian ini adalah nilai pasar, sedangkan variabel independen meliputilaba bersih, arus kas operasi, total akrual, akrual lancardan akrual tidak lancar dengan variabel kontrol nilai buku dan deviden. Analisis data menggunakan regresi OLS dengan Eviews. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laba memiliki relevansi nilai laba dalam menjelaskan nilai pasar perusahaan. Secara keseluruhan, laba yang dipisahkan menjadi komponen arus kas dan akrual mampu meningkatkan relevansi nilai dalam menjelaskan nilai pasar perusahaan.