PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN SPIRITUAL, KECERDASAN SOSIAL DAN GAYA BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Bengkulu)
Main Authors: | Sari, Dewi Puspa, Lisa, Martiah Nila Puspita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/757/1/IV%2CV%2CLAMP-I-13-dew.FE.pdf http://repository.unib.ac.id/757/2/I%2CII%2CIII-I-13-dew.FE.pdf http://repository.unib.ac.id/757/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial, dan gaya belajar terhadap tingkat pemahaman mahasiswa akuntansi di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Akuntansi angkatan 2009. Peneliti menggunakan metode regresi berganda untuk menguji hipotesis pertama sampai hipotesis keempat dan khusus hipotesis 5 menggunakan metode kruskall-wallis. Hasil pengujian mendukung hipotesis 2, 4, dan 5, hipotesis 1, dan 3, ditolak. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan emosional yaitu motivasi dan empati, kecerdasan intelektual, kecerdasan sosial dan gaya belajar berpengaruh signifikan untuk tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan emosional yaitu pengenalan diri, pengendalian diri dan keterampilann sosial , kecerdasan spiritual tidak berpengaruh terhadap tingkat pehaman akuntansi.