KENDALA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA SASTRA INDONESIA DAN DAERAH FKIP UNIB DALAM PEMBELAJARAN SASTRA KAITANNYA DALAM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN BAHASA

Main Author: Chanafiah, Yayah
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/7533/1/B1.ok.pdf
http://repository.unib.ac.id/7533/
ctrlnum 7533
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/7533/</relation><title>KENDALA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA SASTRA INDONESIA DAN DAERAH FKIP UNIB DALAM PEMBELAJARAN SASTRA KAITANNYA DALAM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN BAHASA</title><creator>Chanafiah, Yayah </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi mahasiswa program studi pendidikan Bahasa sasta Indonesia dan daerah, FKIP UNIB dalam pembelajaran sasffi- Dengan diketahuinya kendala-kendala tersebut maka dapat&#xD; dirumuskan altenatif pemecahannya dalam rangka penjaminan mutu pendidikan bahasa. Untuk itu metode yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif dengan penyajian secara deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa prograrn studi pendidikan Bahasa Sastra lndonesia dan Daerah FKIP UNIB yang telatr dan sedang menempuh mata kuliah apresiasi sastra, seperti apresiasi puisi, prosa fiksi dan drama. Dengan demikian, sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Dalam pengambilan data digunakan angket dan wawancara Hasil penelitian menyimpulkan bahwa mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah mengalami banyak kendala dalam pengajaran sastra Kendala-kendala tersebut menyangkut aspek metode yang kurang variatif digunakan dosen; kurangnya sumber bacaan pengajaran sastrq, dan kurangnya media pengajaran sastra yang digunakan dosen. Di samping itu, kendala juga muncul dari did mahasiswa sendiri, mencakup penguasaan materi sastra dan keterbatasan bacaan yang dibaca</description><date>2014</date><type>Journal:Proceeding</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/7533/1/B1.ok.pdf</identifier><identifier> Chanafiah, Yayah (2014) KENDALA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA SASTRA INDONESIA DAN DAERAH FKIP UNIB DALAM PEMBELAJARAN SASTRA KAITANNYA DALAM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN BAHASA. In: SEMIRATA III BKS-PTN WILAYAH INDONESIA BARAT, 18-20 Juli 2007, Jakarta . </identifier><recordID>7533</recordID></dc>
language eng
format Journal:Proceeding
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Chanafiah, Yayah
title KENDALA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA SASTRA INDONESIA DAN DAERAH FKIP UNIB DALAM PEMBELAJARAN SASTRA KAITANNYA DALAM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN BAHASA
publishDate 2014
topic L Education (General)
url http://repository.unib.ac.id/7533/1/B1.ok.pdf
http://repository.unib.ac.id/7533/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi mahasiswa program studi pendidikan Bahasa sasta Indonesia dan daerah, FKIP UNIB dalam pembelajaran sasffi- Dengan diketahuinya kendala-kendala tersebut maka dapat dirumuskan altenatif pemecahannya dalam rangka penjaminan mutu pendidikan bahasa. Untuk itu metode yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif dengan penyajian secara deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa prograrn studi pendidikan Bahasa Sastra lndonesia dan Daerah FKIP UNIB yang telatr dan sedang menempuh mata kuliah apresiasi sastra, seperti apresiasi puisi, prosa fiksi dan drama. Dengan demikian, sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Dalam pengambilan data digunakan angket dan wawancara Hasil penelitian menyimpulkan bahwa mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah mengalami banyak kendala dalam pengajaran sastra Kendala-kendala tersebut menyangkut aspek metode yang kurang variatif digunakan dosen; kurangnya sumber bacaan pengajaran sastrq, dan kurangnya media pengajaran sastra yang digunakan dosen. Di samping itu, kendala juga muncul dari did mahasiswa sendiri, mencakup penguasaan materi sastra dan keterbatasan bacaan yang dibaca
id IOS6175.7533
institution Universitas Bengkulu
institution_id 179
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
library_id 1876
collection Repository Universitas Bengkulu
repository_id 6175
city KOTA BENGKULU
province BENGKULU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6175
first_indexed 2018-09-17T09:05:45Z
last_indexed 2018-09-17T09:05:45Z
recordtype dc
_version_ 1683771105531133952
score 17.538404