PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REATISTIK TERHADAP KOMPETENSI MATEMATIKA SISWA SMP
Main Author: | Haji, Saleh |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FKIP Universitas Bengkulu
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/7145/1/B7_SALEH%20HAJI_%20JURNAL%20NAS%20TDK%20TERAKREDITASI_EXACTA%20UNIB_2011.pdf http://repository.unib.ac.id/7145/ |
Daftar Isi:
- Model pembelajaran matematika realistik didasari'atas prinsip dan karakteristik dari Realistic Mathematics Education yang menempatkan siswa sebagai pembelajar yang aktif mengkonstruksi pengetahuan guna mencapai kompetensi matematika yang terdiri atas: pemahaman konsep, eteramfilan berproiedur, kompetensi strategik, penalarut adaptif, dan disposisi produktif. Langkah-langkah pembelajaran matematika realistik adalah a. pengantar pembelajaran, b. penyarnpaian masalah kontekstual; c. penyelesaian iuasalah kontekstual; d. Refleksi; ". p.ni.it un kesimpulan, dan f. Pemantapan. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana pengaruh model pembelajaran matematika realistik berpengaruh terhadap kompetensi matematika? Dengan disain analisis varians dua jalur (3x2) diperoleh hasil sebagai berikut: (l). Model pembelajaran matematika realistik berpengaruh terhadap kompetensi matematika siswa SMP, (2) Terdapat perbedaan kompetensi matematika siswa yang diajar melalui pembelajaran matematika realistik dengan yang diajar melalui pembelajaran biasa, (3). erdapat perbedaan kompetensi matematika siswa berdasarkan peringkat sekolah (4). Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran kompetensi matematika siswa berdasarkan peringkat sekolah.