IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FISIKA TOPIK LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SHOVING PADA MAHASISWA CALON GURU FISIKA

Main Author: Swistoro, Eko
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/7085/1/Prosiding%20Lampung.pdf
http://repository.unib.ac.id/7085/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan yntuk meningkatkan meningkatkan penguaruun konr.p@* kemampuan problem solving (KPS) mahasiswa calon guru hsifa, melalui pembelajaran dengan Model pembelajaran problem solving. Penelitian ini melibatkan 30 orang calon"guru pada saat uji coba dan 32 orang calon guru pada saat implementasi. penelitian ini menggunakan disain penelitian One-Group Pretes-Posttest Design. Data dianalisis secara deskriptif dan dihitung dengan menggunakan skor gain yang dinormalisasi. Adapun karakteristik pro$am pembelajaran yang dikembangkan adalah: materi perkuliJhan ditentukan dalam masalah open-ended, pembelajarari dimulai dengan pemberian masalah yang dituangkan dalam LKM, pertanyaan-pertanyaan konseptual yang aiUerikan oleh dosen |ertindak sebagai pembimbing bagi mahasiswa untuk -"ttguurui konsep-konsep yang berkaitan dengan masalah yang dipecahkan, peran dosen aaUafr sebagai 'fasilitator,-dai pembelajaran berpusat pada mahasiswa. Berdasarkan hasil implJmentasi program pembelajaran dapat diketahui bahwa program pembelajaran dengan Model pembelajaran problem solving dap{ meningkatkan penguasaan kotts"p Listrik dan keterampilart priblem solving. Penguasaan k91seq yang tinggi hingga sedang didapat pada sub topik Listrik Statis (N-gain 75yo), Listrik Dinamis (N-gain 74%)dan fistrit Magnet'(N-gain 70%).Keterampilan problem yolving yang paling tinggi berturut-turut diperoleh olei kelompok prestasi tinggi, sedang, dan rendah.