PENGEMBANGAN PENGUASAAN KONSEP MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI PRABLEM SOI-Y"VG PADA TOPIK OPTIKA BAGI MAHASISWA CALON GURU FISIKA
Main Authors: | Swistoro, Eko, Brotosiswojo, B Suprapto |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/7077/1/Semnas%20AGSI.pdf http://repository.unib.ac.id/7077/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menghasilkan suatu program pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa calon guru fisika. Penelitian inimelibatkan 32 orang calon guru pada saat ujicoba dan32 orang calon guru pada saat implementasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan, karena penelitian ini ingin mengembangkan program pembelajaran yang etektif sesuai kondisi dan kebutuhan nyata di lapangan. Pendekatan ini memiliki sepuluh langkah, namun dalam penelitian ini ke sepuluh langkah tersebut dimodifikasi menjadi empat langkan, yaitu: studi pendahuluan, perencenaan prograrn, pengembangan program dan validasi program. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Fisika di Bengkulu. Alat pengumpu! data yang digunakan adalah kuesioner, tes, pedoman observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang dipakai adaiah dengan teknik uji Gain yang dinormalisasi. Berdasarkan hasilvalidasi program pembelajaran dapat diketahui bahwa program pembelajaran dengan strategi problem solving dapat meningkatkan penguasaan konsep.