MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLWNG SEBAGAI ALTERNATTVE PEMBELAJARAN FISIKA
Main Author: | Swistoro, Eko |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/7075/1/Proseding%20UIN.pdf http://repository.unib.ac.id/7075/ |
ctrlnum |
7075 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/7075/</relation><title>MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLWNG SEBAGAI ALTERNATTVE PEMBELAJARAN FISIKA</title><creator>Swistoro, Eko</creator><subject>H Social Sciences (General)</subject><description>Di abad informasi sekarang ini, isu penrbahan paradigm pendidikan semakin ramai dikumandangkan Perubahan terrebut metiputi lruritutun, strategi pembelajaran, dan
ase$nen. Makalah ini bertr{uan mendeskripsikan landasan teoretik dan oprasional model pembelajaran yang koheren dengan tuntutan pendidikan terkini. Dari aspek pembelajaran dan asesmen, model pembelajaran problem solving adalah alternative pembelajaran yang bereifat inovatif terhadap penrbahan paradigm pendidikan dan diharapkan dryat memfasilita sisiswa untuk membangun kemampuan melalui pengalaman belajar. Rasionalny4 bahwa kemampuan problem solving merupakan kemampuan utama yang harus dimiliki siswa ketika mereka meninggalkan kelas untuk memasuki dan melakukan aktivitas di dunia nyata baik sebagai individu anggota keluarga, mauprm sebagai anggota masyarakat-
Problem solving adalah upaya siswa untuk menemukan jawaban masalah yang dihadapi berdasarkan , pemahaman, dan keterampilan yang telah dimiliki sebelumnya.Model pembelajaran problemsolving' dalam pembelajaran fisika memiliki lias langkah pembelajaran, yaitu: (l) Pemabaman masalah {mengidentifikasi masalah aktual,memvisualisasikan situasi, fikasi informasi yang relevan dengan problem tsb), (2)menampilkan masatah (Mengorganisasi informasi, Apakah inforrnasinya sudah cukup?Melukis diagram, tabel, grafft atau gambar, melukiskan diagranf pemecahan),(3)Merencanakan pemecahan masalah (menenetapkan pol4 menguji pola simulasi atan eksperimen, reduksi atau ekspansi, dan melakukan deduksi logrs), (4) Menjalankan rencana (mengestimasi hasil pemecahan, menggunakan keterampilan menghitung), (5) Evaluasi dan perluasan (mengoreksi jawaban, menemukan altemative pemecahan lain, memperluas konsep dan generalisasi, mendiskusikan memformulasikan masalah-masalah variatif yang orisinil).</description><date>2014</date><type>Journal:Proceeding</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/7075/1/Proseding%20UIN.pdf</identifier><identifier> Swistoro, Eko (2014) MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLWNG SEBAGAI ALTERNATTVE PEMBELAJARAN FISIKA. In: Permasalahan don Solusi Pendidikon MIPA di Indonesia Berkenoan dengan Penekanan Konsep Sains dan Penerapan StrategtPembelajaranrrya, 23 Pebruari 2010, Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung. </identifier><recordID>7075</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Proceeding Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Swistoro, Eko |
title |
MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLWNG SEBAGAI ALTERNATTVE PEMBELAJARAN FISIKA |
publishDate |
2014 |
topic |
H Social Sciences (General) |
url |
http://repository.unib.ac.id/7075/1/Proseding%20UIN.pdf http://repository.unib.ac.id/7075/ |
contents |
Di abad informasi sekarang ini, isu penrbahan paradigm pendidikan semakin ramai dikumandangkan Perubahan terrebut metiputi lruritutun, strategi pembelajaran, dan
ase$nen. Makalah ini bertr{uan mendeskripsikan landasan teoretik dan oprasional model pembelajaran yang koheren dengan tuntutan pendidikan terkini. Dari aspek pembelajaran dan asesmen, model pembelajaran problem solving adalah alternative pembelajaran yang bereifat inovatif terhadap penrbahan paradigm pendidikan dan diharapkan dryat memfasilita sisiswa untuk membangun kemampuan melalui pengalaman belajar. Rasionalny4 bahwa kemampuan problem solving merupakan kemampuan utama yang harus dimiliki siswa ketika mereka meninggalkan kelas untuk memasuki dan melakukan aktivitas di dunia nyata baik sebagai individu anggota keluarga, mauprm sebagai anggota masyarakat-
Problem solving adalah upaya siswa untuk menemukan jawaban masalah yang dihadapi berdasarkan , pemahaman, dan keterampilan yang telah dimiliki sebelumnya.Model pembelajaran problemsolving' dalam pembelajaran fisika memiliki lias langkah pembelajaran, yaitu: (l) Pemabaman masalah {mengidentifikasi masalah aktual,memvisualisasikan situasi, fikasi informasi yang relevan dengan problem tsb), (2)menampilkan masatah (Mengorganisasi informasi, Apakah inforrnasinya sudah cukup?Melukis diagram, tabel, grafft atau gambar, melukiskan diagranf pemecahan),(3)Merencanakan pemecahan masalah (menenetapkan pol4 menguji pola simulasi atan eksperimen, reduksi atau ekspansi, dan melakukan deduksi logrs), (4) Menjalankan rencana (mengestimasi hasil pemecahan, menggunakan keterampilan menghitung), (5) Evaluasi dan perluasan (mengoreksi jawaban, menemukan altemative pemecahan lain, memperluas konsep dan generalisasi, mendiskusikan memformulasikan masalah-masalah variatif yang orisinil). |
id |
IOS6175.7075 |
institution |
Universitas Bengkulu |
institution_id |
179 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu |
library_id |
1876 |
collection |
Repository Universitas Bengkulu |
repository_id |
6175 |
city |
KOTA BENGKULU |
province |
BENGKULU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6175 |
first_indexed |
2018-09-17T09:05:34Z |
last_indexed |
2018-09-17T09:05:34Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1683771104191053824 |
score |
17.538404 |