SIMULASI PENGUJIAN IMPACT VEIG RACING SEPEDA MOTOR

Main Author: Zuliantoni, Zuliantoni
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/7006/1/B7.pdf
http://repository.unib.ac.id/7006/
Daftar Isi:
  • Pada sirrulasi pengqjian velg ini beban dijatuhkan secara bebas (11'ee.fatt) detgan tanpa kecepatan awal (r7), dan beban uji ini lianya dipengaruhi oleh percepatan gravitasi ($, serta efek-efek gesekan beban uji dengan udara adalah diabaikan, dan paryang lintasan yang diternpuh oleh beban adalahjarak ketinggian,(hi, dart beban tersebut terhadap titik tetinggi dari spesirnen ujinya. Disini digunakan ho 9 inch =0,2286 m. Hasil simulasi pengujian impact velg diperoleh bahrva daerah yang paling kritis terletak pada daerah sekitar rim velg, dimana tegangan ekuivalen terjadi pada elemen 9212 sebesar 240 MPa. Nilai ini masih dibarvah tegangan yield material velg yaitu 393 MPa. Berdasarkan teori kegagalan distorsi energi maksimum, dapat diprediksi bahwa velg tersebut tidak mengalami kegagalan pada pembebanan impact.