STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BAGI ANAK DI PANTI ASUHAN AISYIYAH “KASIH IBU” KOTA BENGKULU

Main Authors: Akbar, Jumanus, Mirza, Yasben, Budiyono , Budiyono
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/698/1/I%2CII%2CIII%2C1-13-jum-FS.pdf
http://repository.unib.ac.id/698/2/IV%2CV%2CVI%2CLAMP%2C1-13-jum-FS.pdf
http://repository.unib.ac.id/698/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul “Studi Tentang Kualitas Pelayanan Bagi Anak di Panti Asuhan Aisyiyah ”Kasih Ibu” Kota Bengkulu. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan menganalisis kualitas pelayanan bagi anak di panti asuhan aisyiyah ”Kasih Ibu” Kota Bengkulu. Penelitian yang dilakukan tergolong dalam jenis penelitian deskriptif, yaitu memusatkan perhatian pada masalah-masalah yang ada pada saat penelitian dilakukan (saat sekarang) atau masalah-masalah yang actual dan menggambarkan fakta-fakta tentang masalah yang diselidiki sebagaimana adanya dan diiringi dengan interprestasi rasional yang akurat. Adapun aspek-aspek penelitian adalah: reliabilitas, responsivitas, jaminan, empati, Untuk menentukan sasaran penelitian dengan menggunakan teknik sampel bertujuan (purposive sampling), dimana sasaran penelitian dipilih secara khusus berdasarkan tujuan penelitian Dalam penelitian ini ditentukan sasaran penelitian yang dapat memberikan berbagai keterangan yang diperlukan. Agar keabsahan data dan sasaran penelitian dapat diandalkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan publik bagi anak di panti asuhan aisyiyah ”Kasih Ibu” Kota Bengkulu sudah cukup baik dilihat dari aspek-aspek; Pertama aspek reliabilitas, yakni kemampuan memberikan layanan yang dijanjikan dengan segera, akurat, dan memuaskan. Kedua aspek responsivitas, yaitu keinginan dan kesediaan untuk membantu pelanggan dan memberikan layanan dengan tanggap.Ketiga aspek jaminan, mencakup pengetahuan dan kesopanan dan ; Keempat aspek empati, meliputi kemudahan dalam menjalin hubungan, komunikasi yang efektif, perhatian personal, dan pemahaman atas kebutuhan individual para pelanggan.