RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN WARNA, BENTUK, ANGKA, HURUF DAN TANGGA NADA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (4-6) TAHUN (Studi Kasus TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kota Bengkulu)

Main Authors: Hardina, Elvia Juni , Arie , Vatresia, Sri , Saparahayuningsih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/688/1/IV%2CV%2CLAMP%2C1-13-elv-FT.pdf
http://repository.unib.ac.id/688/2/I%2CII%2CIII%2C1-13-elv-FT.pdf
http://repository.unib.ac.id/688/
Daftar Isi:
  • Media pembelajaran berperan sangat penting dalam menstimulasi pendidikan anak usia dini. Media pembelajaran yang dibutuhkan adalah media yang fleksibel, tidak berbahaya, aman, praktis, menyenangkan dan mudah untuk digunakan. Oleh karena itu penulis bermaksud membangun sebuah media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk menstimulasi pengetahuan dasar anak meliputi pengenalan warna, bentuk, angka, huruf dan tangga nada sebagai alat bantu guru dalam penyampaian materi. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini mengandung unsur teks, gambar, audio dan animasi yang dirancang semenarik mungkin untuk meningkatkan keingintahuan anak agar penyampaian materi lebih mudah dan menyenangkan. Metode pengembangan sistem pada aplikasi ini menggunakan metode Waterfall. Sedangkan untuk merancang sistem penulis menggunakan Unified Modelling Language (UML). Hasil akhir dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah media pembelajaran pengenalan warna, bentuk, angka, huruf dan tangga nada berbasis multimedia interaktif untuk pendidikan anak usia dini sebagai alat bantu guru dalam penyampaian materi.