PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN MEDIA SOFTWARE MICROSOFT POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPA I MAN MODEL KOTA BENGKULU
Main Author: | Hamdani, Dedy |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FKIP Universitas Bengkulu
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/6691/1/07.%20Dedy%20Hamdani%20Hal.%2054-63.pdf http://repository.unib.ac.id/6691/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ativitas dan hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan media microsoft power point. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus dilakukan dalam empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), tahap pelaksanaan tindakan (action), tahap observasi (observation) dan tahap refleksi (reflection). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA I MAN MODEL kota Bengkulu yang berjumlah 32 siswa. Data diperoleh dari hasil tes siswa, nilai laporan, dan lembar observasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan statistik diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I, II dan III adalah 36, 42,5 dan 47 (nilai maksimum adalah 48). Nilai akhir rata-rata siklus I, II dan III adalah 82,5; 87,7 dan 91,3. Persentase ketuntasan belajar untuk ketiga siklus adalah 100 %.