PENGGUNAAN MICROSOFT POWERPOINT UNTUK MENGAKTIFKAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS INTEGRAL PROGRAM PGMIPABI

Main Author: Rahimah, Dewi
Format: BookSection PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Lampung , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/6625/1/Dewi%20R%20-%20Prosiding%20SEMIRATA%202012.pdf
http://repository.unib.ac.id/6625/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengaktifkan mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah kalkulus integral Program PGMIPABI menggunakan microsoft powerpoint. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan alur pelaksanaan tindakan : rencana tindakan Þ pelaksanaan tindakan Þ observasi Þ refleksi Þ rencana tindakan selanjutnya. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif yaitu data hasil temuan dideskripsikan dalam bentuk pernyataan-pernyataan. Dari penelitian yang telah dilakukan ini dapat disimpulkan bahwa cara mengaktifkan mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah kalkulus integral program PGMIPABI menggunakan microsoft powerpoint (a) Memotivasi mahasiswa untuk mengajukan pertanyaan kepada dosen jika mengalami kesulitan; (b) Memberi tugas berupa soal-soal kepada mahasiswa untuk dikerjakan secara berkelompok; (c) Mengingatkan mahasiswa untuk memahami jawaban hasil kerja kelompoknya karena nanti mereka diharapkan dapat menjelaskan jawaban tersebut dan menjawab pertanyaan temannya jika mewakili kelompoknya melakukan presentasi; (d) Memotivasi mahasiswa untuk melakukan presentasi; (e) Meminta salah satu perwakilan mahasiswa maju mempresentasikan jawaban kelompoknya; (f) Mengutamakan mahasiswa yang belum pernah tampil untuk mempresentasikan jawaban kelompoknya; (g) Dosen tidak memberitahu kepada mahasiswa atau kelompok yang akan melakukan presentasi soal mana yang akan mereka presentasikan dengan menyiapkan huruf-huruf dengan jumlah yang sama dengan jumlah soal yang dikerjakan mahasiswa pada sebuah slide powerpoint. Mahasiswa yang akan melakukan presentasi mengklik salah satu dari huruf-huruf tersebut, kemudian nomor soal yang harus mereka presentasikan akan muncul, lalu mahasiswa mempresentasikan jawaban kelompoknya dari nomor soal yang muncul tersebut; (h) Memotivasi mahasiswa untuk memberi tanggapan terhadap hasil pekerjaan temannya.; (i) Memotivasi mahasiswa untuk mengajukan pertanyaan kepada temannya yang melakukan presentasi.