PENGGUNAAN GEOMETER'S SKETCHPAD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS INTEGRAL
Main Author: | Rahimah, Dewi |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Lambung Mangkurat
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/6624/1/Dewi%20R%20-%20Prosiding%20SEMIRATA%202011.pdf http://repository.unib.ac.id/6624/ |
Daftar Isi:
- Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mengaktifkan mahasiswa, prestasi belajar mahasiswa dan respon mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah Kalkulus Integral menggunakan geometer's sketchpad. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan alur pelaksanaan tindakan : rencana tindakan pelaksanaan tindakan observasi refleksi rencana tindakan selanjutnya. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar tes, angket dan foto. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif yaitu data hasil temuan dideskripsikan dalam bentuk pernyataan-pernyataan. Dari penelitian yang telah dilakukan ini dapat disimpulkan cara mengaktifkan mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah Kalkulus Integral menggunakan geometer's sketchpad : (a) Menegur mahasiswa yang belum memperhatikan penjelasan dosen; (b) Memotivasi mahasiswa agar mau mengajukan pertanyaan kepada dosen dan menjawab pertanyaan dari dosen; (c) Menjelaskan hubungan antara konsep yang dipelajari di kelas dengan penggunaan geometer’s sketchpad; (d) Memberikan bimbingan kepada mahasiswa yang mengalami kesulitan menggunakan geometer’s sketchpad secara individual; (e) Menjelaskan kembali penggunaan geometer’s sketchpad secara klasikal ketika ada beberapa mahasiswa menanyakan hal yang sama; (f) Membimbing mahasiswa mengambil kesimpulan dari kegiatan yang dilakukan. Penggunaan Geometer's Sketchpad dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus Integral yaitu dari nilai rata-rata 46,58 pada siklus 1, meningkat menjadi 63,42 pada siklus 2, dan meningkat lagi menjadi 82,68 pada siklus 3. 65,79% mahasiswa memberikan respon sangat positif dan 34,21% mahasiswa memberikan respon positif terhadap penggunaan geometer's sketchpad dalam mata kuliah Kalkulus Integral.