ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN NILAI TAMBAH PRODUK KOPI TERIPANG JAHE DALAM KEMASAN DI KOTA BENGKULU
Main Authors: | Sarumpaet, Pahala Ihut Marito, Kurnia, Herlina Dewi, Evanila, Silvia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/655/1/Bab%20I%2CII-Pahala-FP-2013.pdf http://repository.unib.ac.id/655/2/DaftPus-Pahala-FP-2013.pdf http://repository.unib.ac.id/655/3/Bab%20III%2CIV%2CV-Pahala-FP-2013.pdf http://repository.unib.ac.id/655/ |
Daftar Isi:
- Industri kopi mempunyai peluang usaha yang menjanjikan dan salah satu produk kopi olahan yang potensial adalah “Kopi Teripang Jahe”. Sebenarnya kopi herbal telah banyak beredar di pasaran. Tetapi dengan ditambahkannya bubuk teripang pasir diharapkan “Kopi Teripang Jahe” dapat merebut perhatian konsumen, meningkatkan nilai tambah produk dan dapat bertahan serta bersaing dengan produk kopi olahan lainnya. Teripang pasir (Holothuria scabra) merupakan hasil laut yang digunakan sebagai bahan untuk meningkatkan vitalitas tubuh. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan konsumen berkaitan dengan atribut “ Kopi Teripan g J ahe” dalam kemasan di Kota Bengkulu dari berbagai profil konsumen dan mendapatkan nilai tambah produk kopi tersebut. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Convenience Sampling dengan jumlah sampel 100 orang responden yang dianggap mewakili konsumen dalam berbagai segmen pasar di Kota Bengkulu. Analisis Customer Satisfaction Index (CSI) digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen, analisis ImportancePerformance Analysis (IPA) untuk mengetahui rekomendasi perbaikan atribut produk serta metode Hayami untuk menghitung nilai tambah. Berdasarkan analisis Customer Satisfaction Index (CSI) konsumen dinyatakan puas pada produk Kopi Teripang Jahe tetapi direkomendasikan untuk melakukan perbaikan pada atribut aroma, kekentalan dan rasa. Hasil analisa nilai tambah kopi teripang jahe di dapatkan sebesar Rp 625.858,-/kg dengan rasio 45%.