PENGARUH IKLAN ROKOK DJARUM SUPER 2013 VERSI ADVENTURE DAN KAMPANYE ANTI ROKOK DINAS KESEHATAN BENGKULU TERHADAP PERILAKU REMAJA MEMBELI ROKOK

Main Authors: Muhammad , Meihatir, Wahyu , Widiastuti, Heri, Supriyanto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/6334/1/I%2CII%2CIII%2CIII-13-mei-FS.pdf
http://repository.unib.ac.id/6334/2/IV%2CV%2CVI%2CLAMP%2CIII-13-mei-FS.pdf
http://repository.unib.ac.id/6334/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhiklan rokok Djarum Super 2013 versi Adventure dankampanye anti rokok Dinas Kesehatan Bengkulu terhadapperilaku remaja membeli rokok. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, observasi dan studi pustaka, penelitian dilakukan di SMA N 6 Bengkulu dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling,dengan jumlah responden66 orang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada pengaruh secara parsial antara iklan rokok Djarum Super 2013 versi Adventure terhadap perilaku remaja membeli rokok dan tidak ada pengaruh secara parsial antara kampanye anti rokok Dinas Kesehatan Bengkulu terhadap perilaku remaja membeli rokok. Selanjutnya hasil penelitian ini diperkuat dengan analisis uji regresi berganda, menyimpulkan bahwa besar pengaruh yang diberikan iklan rokok Djarum Super 2013 versi Adventure dan kampanye anti rokok Dinas Kesehatan Bengkulu sebesar 24,7% sedangkan sisanya 75,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti gaya hidup, lingkungan, keluarga, dan sebagainya. Hasil penelitian ini juga berhasil menguji teori S-R (Stimulus-Response) sebagai landasan teori yang digunakan peneliti, bahwa stimulus/aksi yang diberikan iklan rokok Djarum Super 2013 versi Adventure berpengaruh positif terhadap perilaku remaja membeli rokok, sedangkan stimulus/aksi kampanye anti rokok Dinas Kesehatan Bengkulu berpengaruh negatif berarti terjadi penolakan/pengabaian pesan yang dilakukan remaja pada kampanye anti rokok Dinas Kesehatan Bengkulu terhadap perilaku remaja membeli rokok. Sehingga komponen yang paling mempengaruhi perilaku remaja membeli rokok adalah iklan rokok Djarum Super 2013 versi Adventure.