PENGARUH KEKERASAN SIMBOLIK PADA PROGRAM PESBUKER DI ANTV TERHADAP PERILAKU REMAJA(STUDY PADA SISWA-SISWI KELAS VIII SMPN 17 KOTA BENGKULU)
Main Authors: | Abdi, Lovi Zon, Azhar, Marwan, Andi, Makhrian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/6333/1/IV%2CV%2CVI%2CLAMP%2CIII-13-lov-FS.pdf http://repository.unib.ac.id/6333/2/I%2CII%2CIII%2CIII-13-lov-FS.pdf http://repository.unib.ac.id/6333/ |
Daftar Isi:
- Banyaknya tayangan dan program yang disajikan oleh televisi membuat khalayak seakan dimanjakan oleh hiburan – hiburan yang secara tidak lansung dapat mempengaruhi sikap, tindakan, prilaku bahkan pola fikir khalayak. Seperti halnya yang disajikan dalam program pesbuker, banyak sekali adegan yang bertujuan untuk memberikan hiburan dan perasaan puas bagi para konsumennya akan tetapi adegan – adegan tersebut dapat mempengaruhi sikap, tindakan dan perilaku para konsumennya, bahkan adegan tersebut juga dapat membahayakan para khalayak apabila dilakukan dengan menggunakan peralatan yang berbahaya. Skripsi ini dilakukan untuk menemukan pengaruh kekerasan simbolik yang ditampilkan dalam program pesbuker terhadap perilaku remaja.Skripsi ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskripstif dan menggunakan alat uji Regresi.Dalam Program Pesbuker banyak sekali terdapat kekerasan Simbolik yang ditampilkan, seperti : Memukul badan orang lain dengan sengaja walaupun dengan menggunakan bahan – bahan yang lunak atau tidak berbahaya, menumpahkan bedak dikepala orang lain, bahasa – bahasa sindiran yang dapat menyinggung orang lain dan lain – lain. Adegan – adegan itu dilakukan sebenarnya hanya untuk memberikan hiburan kepada para khalayak program pesbuker di ANTV akan tetapi akan sangat berbahaya apabila adegan tersebut ditirukan dengan alat peraga yang berbahaya seperti katu atau batu oleh khalayak seperti anak – anak dan remaja. Mereka yang pola fikirnya belum teralu terbentuk dapat menirukan hal yang mereka anggap lucu akan tetapi properti yang digunakan tidak seperti yang ditampilkan dalam program. Mereka bisa saja menggunakan bahan – bahan keras seperti balok, kayu, besi dan sebagainya untuk memukul temannya yang lain dengan tujuan untuk saling bercanda akan tetapi dapat menimbulkan dampak yang sangat berbahaya. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh antara kekerasan simbolik yang ditampilkan dalam Program Pesbuker walaupun pengaruh tersebut tidak signifikan. Artinya apabila khalayak secara aktive menyaksikan program pesbuker, perilakunya dapat terpengaruh oleh adegan – adegan yang ditampilkan dalam program pesbuker.