IMPLEMENTASI KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 10 CURUP TIMUR

Main Authors: Hanafifa , Hanafifa , Sri , Dadi, Resnani, Resnani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/6262/1/IV%2CV%2CLAMP%2C3-13-han.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/6262/2/I%2CII%2CIII%2C3-13-han.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/6262/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa dengan implementasi keterampilan memberi penguatan pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 10 Curup Timur; (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS SDN 10 Curup Timur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tahapan disetiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 10 Curup Timur yang terdiri dari 24 orang pada tahun ajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar tes dan lembar observasi. Tes ini digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu: (1) siklus I dengan rata-rata skor observasi aktivitas guru 18,5 dengan kategori cukup dan rata-rata skor observasi aktivitas siswa 20 dengan kategori cukup, sedangkan nilai rata-rata 6,58 dan ketuntasan klasikal 33,33%. (2) siklus II dengan rata-rata skor observasi aktivitas guru 29,5 kategori baik dan rata-rata skor aktifitas siswa 30,5 dengan kategori baik, sedangkan nilai rata-ratanya 8,5 dan ketuntasan belajar klasikalnya 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka implementasi keterampilan memberi penguatan dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 10 Curup Timur.